Minggu, 20 November 2022

 

 


                                                                             OLEH 

RINA YUNIATI

CGP7 KABUPATEN DEMAK

 TUGAS 1.2.a.8. KONEKSI ANTAR MATERI

 Modul 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Setelah saya mempelajari modul 1.1 dan 1.2, ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (Model Refleksi 4P).

Peristiwa

Pada pembelajaran modul 1.1 tentang filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara saya tertarik dengan tiga semboyan Ki Hadjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Seorang di depan harus memberi contoh, di tengan memberikan gagasan atau ide-ide dan di belakang memberikan motivasi atau dorongan. Sebagai pendidik kita harus menuntun murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.Hal ini memberikan pencerahan bahwa mendidik anak harus kita sesuaikan dengan potensi dan bakatnya. Guru adalah pamong yang menuntun dan mengarahkan murid agar anak tidak kehilangan arah, selamat dan Bahagia. Dari filosofi Ki Hadjar Dewantara ini saya mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana mendidik murid. Saya lebih memahami karakter murid saya yang berbeda-beda dan unik. Saya menjadi lebih sabar dan berusaha menggali potensi dan bakat dari murid . Saya memilih metode mengajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik mereka. Sebagai guru saya berusaha menuntun murid untuk memiliki budi keperti yang baik. Pembiasaan-pembiasaan yang baik di sekolah akan membentuk budi pekerti murid. Lingkungan keluarga dan masyarakat juga mempengaruhi budi pekerti, untuk itu sebagai guru saya bekerja sama dengan orangtua murid. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya Komunikasi yang baik antara orangtua, guru dan sekolah akan mendorong potensi, bakat, minat siswa menjadi lebih terasah.

Pembelajaran modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak yang terdiri dari berpihak pada murid, kolaboratif, inovatif, mandiri dan reflektif memberikan pencerahan, bahwa seorang guru harus mampu menerapkan kelima nilai tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Untuk dapat menerapkan kelima nilai tersebut sebagai guru penggerak saya harus mampu untuk memberikan pengaruh baik pada semua warga sekolah. Meyakinkan mereka untuk memajukan sekolah bersama. Saya harus mampu mengendalikan emosi dan mampu berpikir cepat untuk menghadapi persoalan-persoalan yang ada di sekolah. Meningkatkan kompetensi adalah hal pertama yang saya lakukan, karena hal ini akan menambah kepercayaan diri dan dapat mempengaruhi rekan guru untuk meningkatkan kompetensinya agar mutu sekolah menjadi lebih baik. Saya juga bekerja sama dengan semua warga sekolah dalam pembelajaran dan melaksanakan program-program sekolah. Saya terbuka menerima masukan -masukan dari berbagai pihak untuk kemajuan sekolah. Saya juga membuat metode-metode mengajar yang meyenangkan bagi murid. Saya memanfaatkan lingkungan sekolah yang berada dekat tambak untuk pembelajaran.

Keterkaitan modul 1.1. dengan modul 1.2 adalah sebagai pendidik kita harus selalu berpihak pada murid. Kita memberikan pembelajaran terbaik yang dapat menumbuhkan bakat dan minat murid. Dalam pembelajaran , kita harus reflektif artinya kita harus memberikan umpan balik pada murid setelah selesai pembelajaran dengan tujuan untuk perbaikan pembelajaran. Kita harus inovatif dengan membuat pembelajaran-pembelajaran menyenangkan yang dapat menggali bakat dan minat siswa. Sebagai guru kita harus bekerjasama dengan semua pihak untuk untuk meningkatkan mutu sekolah dan mutu pembelajaran. Setiap bulan sekolah kami mengadakan MGMP sekolah untuk membicarakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi  dan karakter siswa . Setiap 2 minggu sekali sekolah mengadakan pertemuan rutin untuk membicarakan program-program sekolah. Semua ini bertujuan untuk peningkatan mutu pembeljaran dan mutu sekolah.

PERASAAN

Setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya mendapatkan pembelajaran yang luar biasa.Saya lebih mampu untuk mengendalikan emosi . Saya selalu berpikir positif untuk semua orang . Pendidikan Guru Penggerak memotivasi saya untuk selalu belajar dan belajar. Belajar IT, belajar mengendalikan emosi, belajar memahami murid sesuai karakter dan kemampuannya , belajar untuk selalu terbuka dengan setiap masukan,  

PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya mendapat pembelajaran yang sangat berharga. Seorang guru haruslah memahami muridnya sesuai dengan karakter, potensi, bakat dan minat. Guru harus menuntun muridnya untuk agar menjadi anak dengan budi pekerti luhur dan potensi anak dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minat. Sebagai seorang pendidik kita harus dapat mengendalikan diri dalam mendidik anak. Kita harus mampu mengambil keputusan terbaik untuk anak didik didik kita, jangan sampai kita meninggalkan ingatan buruk yang akan terkenang sepanjang masa.

PENERAPAN MASA DEPAN

Sebagai penerapan ke depan (rencana) saya   1) meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan secara mandiri untuk meyakinkan rekan guru bahwa seorang guru harus selalu belajar dan belajar untuk mengikuti perkembangan zaman, 2)  membuat suasana belajar yang menyenangkan; 3) melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan membuat metode mengajar yang menyenangkan dan membuat media pembelajaran yang menarik; ; 4) sering membuat refleksi sederhana, sehingga ada jejak terhadap proses perbaikan kita. 5) Selalu berkomunikasi baik dengan semua rekan guru agar mendapatkan progam-program sekolah yang berpihak pada murid. 6) bekerjasama dengan orangtua murid untuk membicarakan kemajuan murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  VISI GURU PENGGERAK MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK BERTAKWA PADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERAKHLAK MULIA, BERKARAKTER, KREATIF DAN PEDULI LINGKUN...