RINA YUNIATI
CGP7 KABUPATEN DEMAK
TUGAS 1.2.a.8. KONEKSI ANTAR MATERI
Modul 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Tujuan
Pembelajaran Khusus: CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan
materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul
1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Setelah saya
mempelajari modul 1.1 dan 1.2, ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran bagi
saya (Model Refleksi 4P).
Peristiwa
Pada
pembelajaran modul 1.1 tentang filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara saya
tertarik dengan tiga semboyan Ki Hadjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo,
Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Seorang di depan harus memberi
contoh, di tengan memberikan gagasan atau ide-ide dan di belakang memberikan
motivasi atau dorongan. Sebagai pendidik kita harus menuntun murid sesuai
dengan kodrat alam dan kodrat zaman.Hal ini memberikan pencerahan bahwa
mendidik anak harus kita sesuaikan dengan potensi dan bakatnya. Guru adalah
pamong yang menuntun dan mengarahkan murid agar anak tidak kehilangan arah,
selamat dan Bahagia. Dari filosofi Ki Hadjar Dewantara ini saya mendapatkan
pembelajaran tentang bagaimana mendidik murid. Saya lebih memahami karakter
murid saya yang berbeda-beda dan unik. Saya menjadi lebih sabar dan berusaha
menggali potensi dan bakat dari murid . Saya memilih metode mengajar yang
menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik mereka. Sebagai guru saya berusaha
menuntun murid untuk memiliki budi keperti yang baik. Pembiasaan-pembiasaan
yang baik di sekolah akan membentuk budi pekerti murid. Lingkungan keluarga dan
masyarakat juga mempengaruhi budi pekerti, untuk itu sebagai guru saya bekerja
sama dengan orangtua murid. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik
untuk anaknya Komunikasi yang baik antara orangtua, guru dan sekolah akan
mendorong potensi, bakat, minat siswa menjadi lebih terasah.
Pembelajaran
modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak yang terdiri dari
berpihak pada murid, kolaboratif, inovatif, mandiri dan reflektif memberikan
pencerahan, bahwa seorang guru harus mampu menerapkan kelima nilai tersebut
dalam kegiatan sehari-hari. Untuk dapat menerapkan kelima nilai tersebut
sebagai guru penggerak saya harus mampu untuk memberikan pengaruh baik pada
semua warga sekolah. Meyakinkan mereka untuk memajukan sekolah bersama. Saya
harus mampu mengendalikan emosi dan mampu berpikir cepat untuk menghadapi
persoalan-persoalan yang ada di sekolah. Meningkatkan kompetensi adalah hal
pertama yang saya lakukan, karena hal ini akan menambah kepercayaan diri dan dapat
mempengaruhi rekan guru untuk meningkatkan kompetensinya agar mutu sekolah
menjadi lebih baik. Saya juga bekerja sama dengan semua warga sekolah dalam
pembelajaran dan melaksanakan program-program sekolah. Saya terbuka menerima
masukan -masukan dari berbagai pihak untuk kemajuan sekolah. Saya juga membuat
metode-metode mengajar yang meyenangkan bagi murid. Saya memanfaatkan
lingkungan sekolah yang berada dekat tambak untuk pembelajaran.
Keterkaitan
modul 1.1. dengan modul 1.2 adalah sebagai pendidik kita harus selalu berpihak
pada murid. Kita memberikan pembelajaran terbaik yang dapat menumbuhkan bakat
dan minat murid. Dalam pembelajaran , kita harus reflektif artinya kita harus
memberikan umpan balik pada murid setelah selesai pembelajaran dengan tujuan
untuk perbaikan pembelajaran. Kita harus inovatif dengan membuat
pembelajaran-pembelajaran menyenangkan yang dapat menggali bakat dan minat
siswa. Sebagai guru kita harus bekerjasama dengan semua pihak untuk untuk
meningkatkan mutu sekolah dan mutu pembelajaran. Setiap bulan sekolah kami
mengadakan MGMP sekolah untuk membicarakan pembelajaran yang sesuai dengan
kondisi dan karakter siswa . Setiap 2
minggu sekali sekolah mengadakan pertemuan rutin untuk membicarakan
program-program sekolah. Semua ini bertujuan untuk peningkatan mutu pembeljaran
dan mutu sekolah.
PERASAAN
Setelah
mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya mendapatkan pembelajaran yang luar
biasa.Saya lebih mampu untuk mengendalikan emosi . Saya selalu berpikir positif
untuk semua orang . Pendidikan Guru Penggerak memotivasi saya untuk selalu
belajar dan belajar. Belajar IT, belajar mengendalikan emosi, belajar memahami
murid sesuai karakter dan kemampuannya , belajar untuk selalu terbuka dengan
setiap masukan,
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya mendapat pembelajaran yang sangat
berharga. Seorang guru haruslah memahami muridnya sesuai dengan karakter, potensi,
bakat dan minat. Guru harus menuntun muridnya untuk agar menjadi anak dengan
budi pekerti luhur dan potensi anak dapat berkembang sesuai dengan bakat dan
minat. Sebagai seorang pendidik kita harus dapat mengendalikan diri dalam
mendidik anak. Kita harus mampu mengambil keputusan terbaik untuk anak didik
didik kita, jangan sampai kita meninggalkan ingatan buruk yang akan terkenang
sepanjang masa.
PENERAPAN
MASA DEPAN
Sebagai penerapan ke
depan (rencana) saya 1) meningkatkan kompetensi dengan mengikuti
pelatihan-pelatihan secara mandiri untuk meyakinkan rekan guru bahwa seorang
guru harus selalu belajar dan belajar untuk mengikuti perkembangan zaman, 2) membuat suasana belajar yang menyenangkan; 3)
melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan membuat metode
mengajar yang menyenangkan dan membuat media pembelajaran yang menarik; ; 4)
sering membuat refleksi sederhana, sehingga ada jejak terhadap proses perbaikan
kita. 5) Selalu berkomunikasi baik dengan semua rekan guru agar
mendapatkan progam-program sekolah yang berpihak pada murid. 6) bekerjasama
dengan orangtua murid untuk membicarakan kemajuan murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar